Jumat, 09 Januari 2009

Konut Kekurangan Ratusan Kotak Suara

Kendari-Ngintippemilu

Meningkatnya jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dipastikan berdampak pada kebutuhan logistik Pemilu. Salah satunya adalah kotak suara. Pihak KPU Sultra memprediksi, untuk Pemilu 2009, Sultra masih kekurangan ribuan kotak suara.
Di Konawe Utara (Konut) contohnya. Saat ini daerah pemekaran itu memiliki kurang lebih 126 TPS. Dengan empat kotak suara per-TPS (masing-masing satu untuk suara DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten), berarti Konut membutuhkan sekitar 504 kotak suara.
Ketua KPU Konawe Utara, Indra Supriadi bahkan mengaku pihaknya tidak mempunyai stok kotak suara bekas Pemilu 2004. Pasalnya, semua kotak yang digunakan di Konut adalah kotak suara yang terdaftar sebagai logistik KPU Konawe. Untuk diketahui, Kabupaten Konut adalah daerah pemekaran Kabupaten Konawe.
Ketua KPU Sultra, Bosman juga mengutarakan masalah serupa. Menurut dia, semua daerah di Sultra dipastikan kekurangan logisltik berupa kotak suara, termasuk bilik suara. Selain karena penamabahan jumlah TPS, kekurangan itu juga disebabkan banyaknya kotak dan bilik suara yang hilang atau rusak. Karenanya, KPU Sultra kini tengah mendata berapa kekurangan logistik tersebut untuk ditutupi saat pengadaan logisltik awal tahun depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar